Sunday, August 9, 2020

Inilah 9 Tips Mengenakan Masker Kain

0

Saat berita virus Corona merebak, masker menjadi barang yang paling dicari hingga terjadi kelangkaan. Meski saat ini masker medis sudah beredar di pasaran, masyarakat lebih baik menggunakan masker kain yang dapat dibeli di toko khusus jual masker kain. Dalam penggunaannya, masker kain lebih hemat dan tidak menimbulkan timbunan sampah.


Tips Mengenakan Masker Kain


Untuk mencegah penularan virus Corona yang melalui percikan, penggunaan masker dari bahan kain harus lebih diperhatikan. Hal ini penting agar masker yang Anda gunakan efektif dalam menahan percikan air liur ketika sedang berbicara.


  1. Sebelum menggunakan masker, Anda sebaiknya mencuci tangan terlebih dahulu. Pastikan tangan Anda telah bersih dengan mencuci tangan selama 20 hingga 40 detik. Anda juga dapat membersihkan tangan dengan hand sanitizer berbahan dasar alkohol minimal 60%.

 

  1. Ambil bagian tali atau karet pada masker, kemudian pasanglah masker hingga menutupi hidung, mulut, dan dagu. Pastikan agar tidak ada celah pada bagian samping atau pada dagu. Terkadang, masker yang terlalu besar dan tidak pas menyebabkan celah yang lebar pada bagian rahang. Agar ukuran masker Anda sesuai dengan wajah, pastikan toko daring yang jual masker kain dengan detail ukuran.

 

  1. Jangan menurunkan masker di dagu hingga leher. Bagian dagu dan leher adalah area yang terpapar oleh percikan saat masker dikenakan. Jika Anda menurunkan masker, lalu Anda naikkan kembali, maka bagian dalam masker yang bersih akan terpapar percikan dari dagu dan leher.

 

  1. Jangan sentuh area masker karena bagian luar masker telah terpapar kuman dan bakteri. Apabila Anda tidak sengaja menyentuh masker, segeralah mencuci tangan atau membersihkan tangan dengan hand sanitizer.

 

  1. Tetap kenakanlah masker dengan benar meski Anda juga menggunakan face shield. Alat ini tidak dapat melindungi dari percikan secara efektif. Face shield membantu untuk melindungi mata dari percikan.

 

  1. Masker kain hanya dapat digunakan hingga empat jam. Ketika Anda berada di kantor kurang lebih delapan jam, maka bawalah dua atau tiga masker cadangan. Gantilah masker setiap empat jam. Jika sebelum empat jam masker sudah basah atau lembab, segeralah ganti dengan masker baru yang kering dan bersih.

 

  1. Ketika Anda akan mengganti masker, ambil tali pengait dari belakang. Kemudian lepaslah tanpa menyentuh bagian kainnya. Lalu, ulangi cara yang sama saat akan mengenakan masker baru yaitu diawali dengan mencuci tangan.

 

  1. Simpan masker kain yang telah digunakan pada tempat tertutup. Jangan simpan masker tersebut pada tas secara langsung atau pada tempat masker bersih. Hal ini untuk menghindari penyebaran percikan yang telah menempel.

 

  1. Selama Anda menggunakan masker, tetaplah menerapkan protokol kesehatan yang lain. Penularan Covid-19 akan rendah terutama apabila Anda menjaga jarak dengan lawan bicara satu hingga dua meter. Setelah sampai di rumah, segeralah basuh tangan Anda dengan sabun.

Agar tetap sehat dan menurunkan resiko terkena Covid-19, protokol kesehatan harus tetap dijalankan secara disiplin. Dalam tata laksana kehidupan normal baru ini, masker menjadi benda yang sangat penting dan wajib harus dimiliki.


Toko jual masker kain yang baik akan memberikan detail spesifikasi mulai dari ukuran, harga, hingga bahan kain yang digunakan. Pilihlah bahan kain yang berkualitas dan teruji dapat menghindari percikan. Selain itu, pastikan juga bahan kain nyaman digunakan serta tidak sesak untuk bernapas.


Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.

Author Image

About Info Terupdate
Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design

No comments:

Post a Comment