Sunday, September 6, 2020

Situs Peer to Peer Lending yang Cocok untuk Millennial

0

Ada beberapa artikel yang menyebutkan bahwa millenal adalah sebuah generasi yang kurang ‘melek’ terhadap investasi. Mereka cenderung menghabiskan uang atau bersifat konsumtif terhadap hal-hal yang kurang penting, seperti makanan dan minuman yang hanya sedang trend agar mendapat validasi dari orang-orang yang ada di dunia maya atau sosial media.

 

Banyak millennial yang belum mengetahui jika kini investasi tidak hanya berupa bangunan atau sebilang tanah. Investasi seperti peer to peer lending bisa membantu Mereka dalam berinvestasi sesuai dengan keinginan Mereka. P2P Lending memiliki definisi yaitu sebuah perusahaan yang akan mempertemukan pemberi dana dengan peminjam dana melewati satu aplikasi yang dapat diakses melalui internet.

 


P2P Lending sebagai Lenders

 

Bila Anda memiliki uang lebih dari hasil kerja atau usaha dan ingin berinvestasi, Anda bisa menempatkan diri sebagai lenders dalam P2P Lending. Lenders atau pemberi pinjaman merupakan sebuah posisi dimana Anda akan menyediakan sejumlah uang yang nantinya akan dipinjamkan pada peminjam dana. Nominal yang Anda bisa investasikan mulai dari Rp. 100.000.

 

Dengan memilih sebagai lenders, Anda bisa bisa menentukan pada siapa Anda akan memberi pinjaman karena P2P Lending menyediakan sebuah aplikasi dimana Anda bisa melihat beberapa orang peminjam dana yang sedang membutuhkan lengkap dengan foto serta resiko kreditnya. Jadi dapat dikatakan bahwa Anda tidak sembarang dalam meminjamkan dana.

 

Keuntungan dari investasi ini didapat dari bunga pinjaman yang nantinya akan dikirimkan pada Anda beserta dengan pokok dana yang dipinjam. Selain itu keuntungan Anda pribadi, Anda juga telah membantu masyarakat atau pengusaha mikro dalam menjalankan usaha untuk menuju pada kemandirian.

 

P2P Lending Sebagai Borrower

 

Untuk Anda yang mungkin masih belum memiliki modal untuk berinvestasi, Anda dapat mengajukan diri sebagai borrower atau peminjam. Nominal yang Anda pinjam dapat dimulai dari Rp. 1.000.000 namun Anda harus melewati proses pengumpulan data dan juga proses verifikasi kelayakan kredit. Bila disetujui maka Anda akan mendapatkan dana untuk memulai sebuah usaha.

 

Pada sistem Peer to Peer terbaik, bahkan peminjam atau borrowers diberikan sebuah pelatihan tentang bagaimana mengelola usaha mulai dari pemasaran hingga pengaturan keuangan diajarkan oleh pihak-pihak P2P Lending yang memiliki keahlian. Hal ini bahkan dapat diberikan secara gratis. Pelatihan ini diharapkan akan memacu semangat borrower untuk merintis usahanya.

 

Jika borrower dapat mengembalikan dana secara tepat waktu tiap bulannya maka pihak borrower akan mendapatkan credit score baik yang berguna untuk pinjaman yang lebih besar kedepannya. Bukan hanya dapat meminjam pada sistem P2P Lending ini tetapi juga pada P2P Lending lainnya bahkan bank sekalipun.

 

Millennial dapat menentukan tujuannya sendiri dengan Peer to Peer Lending ini. Untuk yang ingin lebih santai mungkin bisa menjadi lenders dan hanya menunggu uang masuk tiap bulannya. Sedangkan yang ingin lebih aktif dapat menjadi borrower dan membuka usaha kecil-kecilan sesuai dengan hobi.

Author Image

About Info Terupdate
Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design

No comments:

Post a Comment